VIA Denmark Sambangi Unnes Untuk Belajar Tonnis dan Woodball

Monday, 6 February 2017 | 11:43 WIB

via denmark

Selasa ( 31/1) Sebanyak 6 mahasiswa dari VIA Collage University Denmark berkunjung ke Unnes dan secara langsung di sambut oleh Dekan FIK Prof. Tandiyo Rahayu, M.Pd., di Lapangan mini golf Unnes.  Kedatangan mahasiswa Denmark tersebut dalam rangka untuk mempelajari Woodball dan Tonnis secara khusus.

Kunjungan mahasiswa dari Denmark ini bukanlah yang pertama, sebelumnya pada tanggal 10 Desember 2016 Sebanyak 34 mahasiswa Denmark yang tergabung dalam The 11th DGI National Danish Performance Team juga berkunjung ke FIK Unnes. Kedatangan mahasiswa dari VIA Collage University sendiri merupakan hasil kerjasama antara FIK Unnes dan VIA-University College yang  diawali oleh Prof. Erick Jull dari VIA-University College, Denmark datang ke FIK Unnes untuk memberikan kuliah umum dan pelatihan tentang Jugling pada april 206 lalu.

Di kancah internasional sendiri, dosen dan mahasiswa FIK Unnes telah banyak menorehkan prestasi di ajang kejuaraan dunia. Salah satu dosen yang telah berhasil menorehkan prestasi adalah Dwi Tiga Putri, S.Pd, M.Pd. Dosen Jurusan PJKR ini berhasil menyumbangkan medali perunggu pada Asian Beach Games  tahun 2016 lalu. Selain mempelajari Woodball yang secara langsung dilatih oleh Dwi Tiga Putri, ke enam mahasiswa tersebut juga mempelajari Tonnis di dalam Lapangan Indoor Prof. Soegijono. Untuk Tonnis, langsung ditangani oleh pencipta permainan Tonnis yang juga dosen FIK yaitu Drs. Tri Nur Harsono, M.Pd. Tonnis sendiri merupakan penggabungan 2 cabang olahraga yaitu Tenis Lapangan dan Badminton. Tata cara permainan Tonnis mengadopsi permainan Tenis sedangkan lapangan yang digunakan seperti Badminton dan menggunakan raket khusus dari papan kayu yang disebut paddle. Tonnis sendiri telah banyak dipertandingkan di berbagai kejuaraan mulai tingkat sekolah maupun umum, bahkan klub-klub olahraga Tonnis dibentuk oleh beberapa daerah antara lain Demak, Semarang, Magelang dan bahkan ada yang di luar Jawa.

Diharapkan kunjungan mahasiswa dari Denmark tersebut dapat lebih mengenalkan olahraga Tonnis dan Woodbal hingga ke Benua Biru dan semakin terkenal.

 

Diunggah oleh: Mustofa Daru Affandi
Editor: Sugihartono Giggs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *