Sertifikasi Ahli K3 Bagi Mahasiswa

Monday, 17 July 2017 | 08:39 WIB

Dalam rangka menunjang ketrampilan bagi lulusan dan untuk mensuport kebutuhan pasar akan lulusan peminatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka pada Jurusan IKM melaksanakan Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum bagi Mahasiswa dan Umum. Acara yang dilaksanakan selama 12 hari penuh (14-27/07) di Graha Wiyata Patemon ini diikuti oleh 23 peserta.
Drs. Koesyanto, M.S memaparkan bahwa Pelatihan dan sertifikasi Ahli K3 bagi Mahasiswa ini besar manfaatnya bagi para mahasiswa yang akan menuju jalur pekerjaan di bidang pengawasan K3. Selama ini bidang pertambangan, industri, migas dan manufacturing merupakan pasar yang potensial  bagi lulusan IKM bidang K3. Tuntutan pasar saat ini mengharuskan perusahaan yang memiliki 100 pekerja atau memiliki resiko pekerjaan,  memiliki ahli K3. Lebih lanjut ahli K3 diperlukan oleh perusahaan untuk pengawasan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (SMK3) sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
Pelatihan dan sertifikasi Ahli K3 Umum yang dilaksanakan oleh Jurusan Kesehatan Masyarakat ini merupakan kegiatan yang kedua yang dilaksanakan setelah pada tahun 2014 lalu Jurusan IKM telah sukses menyelenggarakan kegiatan serupa. Kegiatan yang menggandeng Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah ini mendatangkan narasumber dari berbagai pakar dan bidangnya yang kesemuanya merupakan Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan. Nantinya setelah para peserta lulus Ujian sertifikasi oleh Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) maka mereka akan mendapat Sertifikat Pelatihan, SKP penunjukan sebagai Ahli K3 dan fasilitas pendukung lain sebagai pelengkap sebagai Ahli K3 di perusahaan.

Diunggah oleh: Mustofa Daru Affandi
Editor: Mustofa Daru Affandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *