One Step Closer ISO 17025

Monday, 24 October 2016 | 10:13 WIB

iso

Bertempat di Hotel Gracia, Kamais ( 20/10) Tim Pengembang Laboratorium FIK melakukan konsulidasi dan pemantapan dokumen ISO 17025. Tim yang diketuai oleh Rudatin, ST, M.Sc ini mempunyai rencana besar yaitu mendapatkan sertifikat lolos uji sebagai laboratorium kalibrasi. Sertifikat kalibrasi ini sendiri dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada laboratorium uji dan kalibrasi yang telah memenuhi standar kelayakan ISO 17025.

Kegiatan memiliki agenda finalisasi dokumen terkait ISO. Dimana dokumen yang difinalisasi adalah Prosedur Mutu, Manual Mutu, Pedoman Mutu, Formulir dan Intruksi kerja. Dokumen-dokumen inilah yang akan dipakai sebagai acuan dalam pelaksanaan pengujian dan kalibrasi. Acara dipandu oleh Remi Ramdani yang juga selain sebagai pakar laboratorium kalibrasi, beliau juga sebagai direktur laboratorium kalibrasi Sentral Surabaya yang telah mendapat sertifikat KAN terlebih dahulu dengan kode KAN-032-IDN. Remi Ramdani menyampaikan bahwa bila laboratorium Kalibrasi FIK telah lolos sertifikasi maka Lab. Kalibrasi FIK sudah boleh menemopelkan logo KAN di surat sertifikasi pengukuran dan hal ini juga merupakan bukti bahwa laboratorium Kalibrasi FIK memiliki kemampuan yang sudah sesuai standar internasional. Manfaat dengan adanya laboratorium kalibrasi sendiri adalah dapat sebagai sumber pendapatan bagi fakultas.

Dalam prosesnya laboratorium kalibrasi FIK saat ini telah memasuki tahun ke tiga dalam proses pengembangannya dan target pada tahun ketiga ini adalah terbitnya sertifikat ISO 17025 dari KAN. Sebelumnya FIK telah membangun laboratorium Kalibrasi dengan alamat lantai 1 gedung F3 FIK unnes kampus Unnes Sekaran Gunung pati. Selain bangunan fisik, perlatan yang digunakanpun merupakan peralatan yang telah distandarisasi dan lolos uji kalibrasi sebagai pendukung tercapainya hasil yang maksimal.  Pada sumber daya manusia, FIK telah memiliki tenaga teknisi dan penyelia yang telah memiliki sertifikat pelatihan sebagai teknisi kalibrasi. Nantinya laboratorium kalibrasi FIK akan dapat melayani kalibrasi dengan satuan Volume, Massa, Dimensi, Waktu, Tekanan, pH dan konduktivity. Ditargetkan Desember 2016, laboratorrium kalibrasi FIK sudah tersertifikasi ISO 17025.

 

Diunggah oleh: Mustofa Daru Affandi
Editor: Eko Setiyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *