FIK UNNES Insiasi Kerjasama Implementasi MBKM dengan Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (ORPPT)

0
639

Semarang (3/12) Sejumlah 26 dosen FIK UNNES melakukan kunjungan ke Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (ORPPT) yang dulunya bernama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Serpong, Tangerang. Berdasarkan Perpres Nomor 33 Tahun 2021, BPPT berada di bawah BRIN dan berubah nama menjadi ORPPT. Rombongan diterima secara resmi oleh Ir. Dadan Moh. Nurjaman, M.T. selaku Plt. Kepala Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi beserta Kepala Pusat dan Balai yang ada di ORPPT.

Saat acara penerimaan, Ir. Dadan menyampaikan selamat datang kepada delegasi FIK UNNES dalam kunjungannya ke ORPPT dalam rangka inisiasi kerjasama riset antara ORPPT dan FIK UNNES. “Banyak hilirisasi hasil riset yang telah dikembangkan ORPPT, di antaranya rapid test antibody COVID-19, biskuit tinggi kalori untuk korban bencana, beras yang difortifikasi zat gizi tertentu untuk pencegahan stunting, dan sebagainya. Tentunya hal ini menjadi peluang bagi FIK UNNES untuk mengembangkan riset bersama di bidang keolahragaan dan kesehatan”, imbuh Ir Dadan.

Ketua delegasi FIK UNNES, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu menyampaikan harapannya agar di tahun yang akan datang terwujud kerjasama riset antara FIK UNNES dengan ORPPT. Selain riset, Prof. Tandiyo juga berharap adanya peluang mahasiswa FIK UNNES yang dapat magang atau praktik kerja di ORPPT.  “Saya ingin suatu saat nanti muncul hasil riset bersama antara FIK UNNES dengan ORPPT, sebagai contoh biskuit dengan zat gizi tertentu untuk meningkatkan performa atlet”, harap Prof. Tandiyo.

Selanjutnya, rombongan dibagi menjadi 3 kunjungan pusat riset. Kunjungan pertama ke Balai Besar Teknologi Aerodinamika-Aeroelastika-Aeroakustika (BBTA3) yang diterima oleh Dr. Fadilah Hasim, B.Eng., M.Sc. sebagai Kepala BBTA3 dan Balai Teknologi Mesin Perkakas, Produksi, dan Otomatisasi (BT MEPPO) yang diterima oleh Ir. Juliansyah, M.T., M.M. selaku Kepala BT MEPPO. Kelompok kedua diterima oleh Dr. Agung Eru Wibowo, M.Si.Apt. selaku Direktur Pusat Teknologi Farmasi dan Medika (PTFM), Dr. Ir. Asep Riswoko, B.Eng., M.Eng. selaku Direktur Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) dan Ir. Arief Arianto, M.Sc.Agr. selaku Kepala Pusat Teknologi Agroindustri (PTA). Adapun kelompok ketiga mengunjungi Balai Teknologi Polimer (BTP) yang diterima oleh Dr. Chandra Liza selaku Kepala BTP.

Di akhir acara, dokumen kerjasama IA ditandatangani kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan diskusi MoA tantang implementasi MBKM antara Bagian Kerjasama ORPPT dan Gugus Kerjasama FIK UNNES.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here