FIK genjot spirit meraih Nawa target 2019

Menggenjot dalam bahasa jawa adalah ungkapan untuk suatu usaha yang keras agar mencapai tujuan dengan tempo yang singkat. Ungkapan itulah yang mungkin cocok diterjemahkan untuk usaha FIK yang luar biasa yang telah dilaksanakan di 2018 dan akan dijaga konsistensinya di 2019.

Dalam rangka meningkatkan power  di 2019, FIK UNNES menyelenggarakan Rapat Kerja 2019 di Tawangmangu selama dua hari (19/20). Dalam Rapat Kerja dengan tujuan utama adalah pemantapan program kerja 2019 dan penyusunan rencana program kerja tahun 2019. Dalam rapat kerja yang diikuti oleh 161 peserta yang terdiri dari 114 dosen dan 47 tendik. Dalam rapat kerja ini melibatkan Dosen dan tendik dengan tujuan agar program kerja FIK dapat diketahui oleh segenap bagian FIK mengerti dan berpartisipasi aktif dalam menuju target 2019.

Dalam Sambutanya, Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNNES Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum menyampaikan paparan dari Universitas terkait Nawa target UNNES 2019. Dalam sambutanya UNNES pada tahun 2019 dalam tahap KEMANDIRIAN, yang bila dijabarkan UNNES akan berupaya masuk dalam cluster I jajaran Perguruan Tinggi Indonesia yang selanjutnya pada tahun 2020 menjadikan Inovasi Riset sebagai tujuan lanjutanya. Kemandirian ini juga bermakna UNNES akan meningkatkan derajat kewenangan penyelenggaraan dan pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai pijakan akselerasi inovasi pada era disrupsi.

Seperti diketahui, FIK merupakan aset penting bagi UNNES. Bagaimana tidak, berbagai prestasi telah banyak ditorehkan oleh civitas akedemika FIK dalam berbagai bentuk. Prestasi olahraga merupakan prestasi unggulan FIK UNNES. FIK UNNES telah banyak menyumbangkan mahasiswanya sebagai atlet tingkat daerah, nasional bahkan internasional yang prestasinya membanggakan dengan perolehan medali. Bukan hanya sebagai atlet, Dosen FIK juga turut mempush  prestasi atlet dengan menjadi official dan pelatih di berbagai cabang olahraga.

Pada tahun 2019 ini, perlu energi yang ekstra dalam mempertahankan prestasi serta target yang telah dicapain pada tahun 2018. Namun bukanlah hal yang terlalu sulit bagi FIK UNNES mengingat capaian dan target pada tahun 2018 sungguh diluar ekspektasi. Hal ini menunjukkan bahwa FIK mampu dan siap menghadapi target yang ditetapkan di awal tahun. Target yang terlampaui di 2018 diantaranya target mahasiswa yang berwirausaha tahun 2018 adalah 27 dan hasil yang dicapai 242 sehingga pada tahun 2019 targetnya dinaikkan menjadi 200 mahasiswa. Jumlah mahasiswa bereputasi internasional yang hanya ditarget 3 namun sungguh luar biasa capaian di 2018 dengan 123  mahasiswa.capaian lulusan dengan sertifikasi profesi dan kompetensi yang hanya ditarget 1,24 namun capaianya 15,4 %.

Dibidang yang lain Peresntase tenaga kependidikan dengan setifikat kompetensi yang ditarget 2 % namun terlampaui dengan capaian 10 %. Capaian target di bidang Hak Karya Intelektual yang berjumlah 3 pun dilampaui dengan capaian 10 HKI di tahun 2018. Sitasi artikel dengan target 6 buah dicapai sejumlah 1070 buah sitasi. Sungguh luar biasa capaian target pada tahun 2018.

Olehnya Dekan FIK Prof, Tandiyo Rahayu menyampaikan terimakasih kepada seluruh civitas akademika FIK UNNES yang telah berjuang mewujudkan target 2018. Pada 2019 target target yang telah terpenuhi diharapkan dapat dipertahankan dan dilampaui kembali untuk mewujudkan nawa target UNNES yang akan mewujudkan Universitas bereputasi Internasional.