Tahun Pertama IPHPS oleh Jurusan IKM

ikm

Bertempat di Ruang Merapi Ballroom Hotel Gracia Semarang, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat FIK UNNES menyelenggarakan acara nasional Indonesian Public Health Perspective Series (IPHPS) 2016. Rangkaian acara dalam IPHPS yang diselenggarakan adalah pelatihan pengelolaan jurnal dan penulisan artikel jurnal terakreditasi nasional, simpsoium kesehatan masyarakat, seminar nasional dan call for paper serta Indonesian Public Health Student Forum (IPHSF).

Acara yang berlangsung 2 hari (22-23/9) ini dibuka  Wakil Rekor Bidang Kerjasama Unnes. Ini merupakan tahun pertama yang dilaksanakan dan Jurusan IKM FIK Unnes sebagai tuan rumahnya.

Pelatihan pengelolaan jurnal merupakan hasil kerjasama dengan Jurnal KEMAS yang notabenenya sudah terakreditasi nasional. Dengan digawangi Prof. Dr. dr. Oktia Woro, selaku Ketua Dewan Redaksi, diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola jurnal dan menulis artikel di jurnal terkreditasi nasional.

Bersamaan dengan pelatihan pengelolaan jurnal, diadakan pula kegiatan simposium yang merupakan hasil kerjasama antara Jurusan IKM dan Pengda IAKMI Jateng. Tema yang diusung dalam simposium ini adalah Pengembangan Diklat Fungsional Profesi Kesehatan Masyarakat serta Peran dan Kontribusi Organisasi Profesi Kesehatan Masyarakat dalam Pembangunan Kesehatan, dengan narasumber Taufik Kurrachman, S.K.M., M.Kes. (Kepala Bapelkes Gombong), Faiza Munabari, M.Kes. (Master Asesor BNSP), Dedi Supartaman (Sekjen IAKMI Pusat), Hanifa Maher Denny, Ph.D. (Ketua PERSAKMI), serta Ketua dan Sekjen Pengda IAKMI Jateng. Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan Rakor Pengda IAKMI Jawa Tengah yang membahas topik STR yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan praktisi kesehatan masyarakat. Peserta sebagian besar adalah para pengurus cabang IAKMI Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan lain, Rudatin Windraswara, M.Sc., selaku Ketua Panitia berharap tujuan rangkaian kegiatan IPHPS  untuk meningkatkan atsmosfer akademik dan jejaring di kalangan akademisi dan praktisi bidang kesehatan masyarakat dapat terwujud. Dan dimasa yang akan datang, seri-seri kegiatan IPHPS dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan mengangkat topik yang sedang kekinian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: