Visitasi Jurusan PKLO

VISITASI PKLO

Semarang – Minggu (8/11) bertempat di Ruang Rapat Senat, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang mendapatkan visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi juga sudah mendapatkan visitasi dari BAN-PT di tahun ini, masing-masing mendapatkan Akreditasi A untuk Jurusan PJKR dan untuk sementara Akreditasi B untuk Jurusan IKM karena menunggu hasil banding meraka, diharapkan Akreditasinya dapat meningkat menjadi A. Jurusan Ilmu Keolahragaan (IKOR) rencananya juga tahun ini akan mendapatkan visitasi.

Tim Asesor BAN-PT yang terdiri dari Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd dari Medan dan Dr. Asim, M.Pd. dari malang akan berada di FIK Unnes selama 3 hari yaitu 8-10 November 2015, ujar Drs. Tri Rustiadi, M.Kes. selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik. Beliau juga mengatakan bahwa meraih akan lebih mudah daripada mempertahankan. Hal ini disebabkan karena Jurusan PKLO harus mempertahankan Akreditasinya karena sebelumnya Akreditasi Jurusan PKLO adalah A.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Tujuan dan manfaat akreditasi

  1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang ditetapkan itu.
  2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: