selangkah menuju Lab Kalibrasi

bagaikan anak kecil yang sedang dalam tahap perkembangan, saat ini Laboratorium FIK Unnes sedang melangkah perlahan tapi pasti menuju Lab Terakreditasi KAN. Setelah tahun 2014 mendapatkan hibah untuk pengembangan laboratorium terakreditasi, maka di tahun 2015 ini FIK kembali dipercaya untuk melanjutkan program tersebut.  yang membanggakan adalah FIK Unnes satu satunya dari 5 fakultas yang dapat melanjutkan program pengembangan laboratorium pada tahap selanjutnya.

dalam rangka menuju lab terakreditasi, maka FIK UNNES mengirimkan 2 teknisinya untuk mendapatkan pelatihan kalibrasi instrumen bertempat di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI -Puspitek Serpong- Tangerang pada akhir bulan Oktober 2015. PElatihan ini adalah pelatihan lanjutan yang sebelumnya dilakukan di Bandung pada Bulan Juli 2015.  PElatihan dan sertifikasi yang berlangsung 4 hari ini mengulas teknik Kalibrasi waktu, suhu, volume dan dimensi. pelatihan ini diharapkan nantinya Laboratorium FIK dapat digunakan untuk mengkalibrasi peralatan pendukung perkuliahan dan penelitian.

kalibrasi sendiri merupakan proses membandingkan alat yang belum diketahui kebenaran hasil ukurnya dengan alat yang sudah diketahui kebenarannya. hal ini bertujuan untuk melihat apakah alat ukur tersebut masih layak digunakan dan mengetahui seberapa besar penyimpangan peralatan.  Hal ini sangat diperlukan dalam pengujian dalam penelitian dan pengembangan peralatan.

diharapkan nantinya Lab Kalibrasi FIK Unnes dapat diberdayakan maksimal untuk melayani permintaan pasar industri dan non industri di lingkungan Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: