FIK Tuan Rumah acpes2015

Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes mendapatkan sebuah kehormatan sebagai tuan rumah Konfrensi Asean Council of Physical Education and Sport 2015 (acpes2015).  acpes2015 mengambil tema “Enhancing the Quality of Services in Physical Education, Health and Sport for a Better Future” akan digelar Auditorium Unne Kampus Sekaran Gunungpati Semarang pada tanggal 15-18 September 2015. Asean Council of Physical Education and Sport adalah Organisasi yang beranggotakan Srinakharinwirot University Thailand , Mahasarakham University Thailand , PESS NIE NTU Singapore , Universitas Putra Malaysia , Mindanao State University – Iligan Institut Teknologi Filipina , Kasetsart University Thailand , Chulalongkorn University Thailand , dan dan Institut Teknis Pendidikan Singapura.

Penyelenggaraan acpes2015 merupakan kerjasama antara FIK Unnes, Kemenpora, ICSSPE, Pemda Jateng dan Pemkot Semarang. Acpes yang telah dimulai sejak tahun 2011 ini sebelumnya bernama Asean Universities Conference on Physical Education and Sport Sciences (AUCPESS). Namun, seiring dengan perkembangan dan situasi yang ada , sejak 8 Juli 2014 pada kesempatan pertemuan delegasi ke 4th AUCPESS di Singapura, AUCPESS memutuskan untuk diperluas dengan mengubah nama menajadi ACPES untuk menampung lebih aspirasi dan ekspresi dari masyarakat olahraga.

Pada sambutannya Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. yang merupakan ketua panitia acpes2015 ini mengharapkan melalui konferensi ini, akan ada ikatan kuat antara akademisi, terutama mereka dengan keahlian Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga. Oleh karena itu, Universitas Negeri Semarang dapat memainkan peran penting dalam mediasi tugas penting ini.

Acpes2015 yang akan menghadirkan para pembicara dari luar negeri antara lain Erik Juul-Associate Professor  dari VIA-University College, Denmark;  Doune MacDonald, Ph.D-Professor dari The University of Queensland, Australia; Pichit Muangnapoe, Ph.D dari Srinakharinwirot University, Thailand; dan Dr. Richard Bailey-Professor ICSSPE Representative.

Sedangkan isu hangat yang akan dibahas dalam konfrensi ini dibagi dalam beberapa kategori diantaranya Physical Education dengan sub pembahasan Teaching, Assessment, Curriculum, Administration, and Management. Kategori kedua adalah Sport Science dengan sub pembahasan Sport Paedagogy, Sport Physiology, Sport Psychology, Sport Biomechanics, Sport Coaching & Training, Sport Management. Pada kategori ke tiga akan membahas tentang Health dengan sub bahasan Health Education Public health Sport Nutrition.

Untuk saat ini bagi peserta yang akan mengikuti acpes2015 dapat mendaftar melalui website resmi  http://acpes2015.unnes.ac.id/.

Mari bergabung dalam ACPES 2015 dan ikut mengembangkan dunia pendidikan, ilmu keolahragaan dan kesehatan.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: